MUHASABAH CINTA

Ya Allah jadikanlah cintaMU padaku dan cintaku padaMU cukup menjadi hartaku

Poligami Juga Bagian Dari Islam January 23, 2009

Filed under: dakwah — akhwatfillah @ 11.30 +00:00Jan

Hai orang-orang yang beriman masuklah kamu kedalam Islam secara kaffah…

 

 

            Mungkin sebagian kita sudah tidak asing lagi dengan ayat Allah yang satu ini,ayat suci ini bisa kita dengar di setiap kajian ke Islaman atau saat kita sendiri memberikan materi kepada murid-murid kita akan pentingnya berislam secara benar dan sempurna.

Ketika beberapa hari ini saya memperhatikan berbagai opini yang merebak tentang poligami,berawal dari pengumuman aa Gym tentang pernikahannya untuk yang kedua kalinya (poligami) seluruh umat Islam di Indonesia seperti di kejutkan oleh berita buruk tentang seorang kiyai yang beristri lagi “kunaon atuh aa’ itulah lemparan kalimat yang cukup pedas dari sebuah tabloid yang mengisi covernya dengan berita utama tentang poligami aa’ Gym.Keterkejutan berita ini juga tidak lepas dari seorang aa’ gym yang merupakan figure yang cukup dikagumi baik anak-anak,ibu-ibu,bahkan nenek-nenek sekalipun,maka wajarlah bila ada rasa terkejut akan tindakan aa’ yang cukup berani mengambil tindakan beristri lagi.

 

 

            Namun dalam hal ini yang menjadi perhatian saya secara pribadi adalah bukan pada masalah aa’ figure atau bukan,tapi saya prihatin akan respon masyarakat kita yang mayoritas muslim ini terutama kaum perempuan dalam memandang poligami,ternyata pemahaman sebagian besar kita sangat minim,bahkan nyaris tak mengimani/menerima poligami sebagai syariah yang diturunkan oleh Allah dalam Al Qur’an.Jangankan masyarakat awam,muslim yang jelas-jelas sudah mengerti dengan syariah tetap menganak tirikan poligami padahal poligami juga merupakan syariah Allah bagi solusi permasalahan social dan psikologi ummat.Kenapa saya katakana demikian,karena banyak bukti yang telah menunjukkan betapa maraknya sekarang kasus perzinaan,perselingkuhan dan perceraian akibat ketidak pahaman aturan-aturan Islam yang telah begitu indah dipaparkan dalam Al Qur’an,perselingkuhan dan perzinahan justru dianggap hal yang biasa dan poligami suatu hal yang sangat merugikan perempuan,benarkah demikian?

 

 

            Wallahu a’lam,namun sejak saya berIslam tahun 1993 dan mulai ikut kajian Islam 1999 saya bertekad untuk tidak akan membeda-bedakan syariah Allah dalam hal apapun karena di kajian Islamlah saya berlahan-lahan lebih memahami indahnya larangan-larangan Allah dan perintah-perintahNya,ternyata smua itu allah turunkan untuk kemaslahatan ummat manusia dan menjaga peradapan bumi.Kita bisa lihat dalam surat AnNur tentang cara bergaul,atau bisa kita koreksi diri apakah termasuk hamba yang bersyukur atau tidak dalam lantunan Ar Rahman yang menawan.Dan tibalah saya dihadapkan pada hokum syariah yang satu ini”poligami”,sebagai seorang perempuan naluri saya tetapmengatakan poligami itu menakutkan,apalagi sampai di madu 2,3,4 kali (astaghfirullah…itulah hayalan saya dulu sekitar tahun 2002) .Namun seiring proses tarbiyah yang sering berjalan saya terus membaca dan mencari segala sesuatu mengenai poligami.Dan tahukah anda,saya menemukan mutiara yang amat indah seputar poligami saya temukan itu di sirah-sirah sang baginda nabi,tentang motif poligami,rasa kasih sayang,berbagi kebahagiaan,membentuk satu tim dalam dakwah dan yang paling indah yang saya kutip dari syariah itu adalah tentang buah dari poligami Rosulullah yang telah memberikn kontribusi yang sangat besar bagi kemajuan dakwah ketika itu,lihatlah kedermawanan bunda Khadijah yang menyerahkan seluruh hartanya untuk dakwah,lihatlah kecerdasan Aisyah yang telah banyak meriwayatkan hadist-hadist Rosulullah semasa beliau hidup,hingga para sahabat banyak belajar hadist dari Aisyah.Setelah membaca sirah itu kekaguman saya mulai berbinar ketika membaca surat Kekasih ,”  maka nikahilah perempuan yang kamu senangi dua,tiga atau empat.Tetapi jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil maka(nikahilah) seorang saja …(An Nisa’ : 3).

 

 

           

           

 

Leave a Reply

