MUHASABAH CINTA

Ya Allah jadikanlah cintaMU padaku dan cintaku padaMU cukup menjadi hartaku

Tuan putri June 29, 2009

Filed under: cerpen — akhwatfillah @ 11.30 +00:00Jun

kamar-pengantinAssalamu’alaikum wr wb 

Tuan putri zainab syahidah

Apa kabar putri hari ini? Aku sangat merindukan tuan putri,rindu mendengar tuan putri mengaji siap sholat tahajjud,rindu melihat tuan putri menjauhiku dan bergegas mengambil whudu’ dikala semua orang tertidur lelap.Tuan putri zainab,sudah hampir 20 tahun aku menemani tuan putri dikamar kesayangan putri yang putri tempelkan sebuah kata-kata “jangan masuk sebelum mengucapakan Assalamu’alaikum” hari hari kebersamaan kita dikamar begitu indah putri.

 

 

Sejak usiamu 5 tahun ummi dan abi telah mempersiapkan kamar pribadi buat tuan putri,zainab syahidah nama putri yang dipersiapkan semenjak anti didalam kandungan.Tuan putri sejak usia 15 tahun kulihat tuan putri begitu aktif dan mulai jarang menemaniku tidur dan bersandar di pundakku,tuan putri mulai kulihat sibuk dengan beberapa kertas proposal,kajian-kajian ke Islaman dan juga teman-teman putri yang sering putri bawa ke kamar,lalu putri tulis-tulis sesuatu sambil menerangkan dengan serius sepertinya agenda dakwah…yang ku tahu dan kukenal lewat ummi dan abinya putri,mereka orangtua yang beruntung memiliki putri ceria lagi bersahaja.Tuan putri aku sungguh bahagia saat pertama setelah tamat SMP tuan putri memutuskan berjilbab,tuan putri tulis di diary sambil bersandar di pundakku bahwa tuan putri ingin ridho Allah dan menutup aurat,kulihat sebuah perubahan yang drastis denganmu tuan putri.kulihat tuan putri sering menangis sholat malam,lalu membaca al quran dengan khusuknya,aku tahu surah kesayangan ar rahmannya mishary Rashid selalu menemanimu sebelum tidur di pundakku yang hangat.

 

Tuan putri,di saat usiamu beranjak 20 tahun,semakin kulihat perubahan dalam dirimu,dan semakin sering pula kau tinggalkan daku sendiri dikamar sepi.tapi aku nguping kudengar sang ummi sering memberi nasehat jangan lupa makan walaupun sibuk,dengan sopan dan lembut putri selalu melayani keperluan ummi,ummi dan abi ingin sekali putri punya adik agar tidak kesepian di rumah,tapi ummi kondisi tubuh ummi yang tidak memungkinkan hamil lagi membuat putri besar dengan ummi dan abi saja,juga aku tentunya ^_^.

 

Namun ternyata hari-harimu tidak membuatmu bosan,putri sekarang sudah semester 1 fakultas kedokteran UNAND Padang,sepertinya putri bahagia sekali.walaupun ummi dan abi hidup sederhana tapi putri mampu menghibur dengan prestasi luar biasa dari SD sampai kuliah putri tetap juara,dan tidak sombong,itu sich aku nguping rumpiannya teman-teman putri dikamar,mereka cuek aja sama aku karena mereka pikir aku tidak akan mendengar rumpian mereka.Subhanallah putri tetap istiqamah sekali 2 minggu pulang kampung ke Padang panjang menjenguk ummi dan abi yang bekerja sebagai petani,setiap pulang putri akan langsung menghampiriku dan memberi salam kalau masuk ruanganku,putri lalu membersihkan semua ruangan,merapikan pakaianku dan kadang-kadang mengusapku haru seakan aku yang sudah tua ini begitu berharga.kudoakan selalu tuan putri sehat dan Allah beri perlindungannya juga kesuksesan menempuh pendidikan di kota Padang.

 

4 tahun berlalu…tuan putri sekarang sudah cukup dewasa sebentar lagi sudah mau wisuda dan dapat gelar Dr umum,tapi dasar tuan putri yang memang haus akan ilmu,akhirnya tuan putri melanjutkan mengambil specialis kandungan di univrsitas yang sama…ummi dan abi sudah medesak tuan putri menikah karena usia sudah 24 tahun,maklumlah dikampung usia segitu sudah dianggap tua sementara teman2 putri kebanyakan sudah menikah.terkadang aku heran dari mana tuan putri bisa membiayai kuliah yang tidak sedikit itu,tapi terjawab sudah saat kulihat tuan putri mencurahkan semuanya di diary sederhana bertuliskan “agenda kader PKS” kubaca dengan haru tuan putri menulis’ 

Ry alhamdulillah nikmat Allah memang tiada habis-habisnya di berikannya untukku,pekerjaan yang berkah mengajar privat mengaji di perumahan orang kaya di air tawar,teman2 yang pengertian di wisma mujahidah,kerja part time di TB Al fitrah,walaupun cukup letih prestasiku tetap bertahan di kedokteran,ry hari ini ustazah menawarkan seorang ikhwan juga seorang dokter specialis,aku mengenalnya karena sering mengisi acara di FKI Rabbani FK UNAND…bingung juga ya ry kalau dilamar..malah aku jarang kedapur,selama kuliah juga sering ditraktir teman,aduuh jadi malu ray…tapi aku akan tetap istikharah agar Allah memberi yang terbaik,trimaksih Allah untuk semua ini,hanya satu pintaku mudahkan segalanya jika engkau ridho ya Robb,aku ingin membahagiakan hari tua ummi dan abi tercinta..amin. 

Duh tuan putriku aku menangis terharu bila kau bisa mendengar tangisanku melihat jerih payahmu berjuang di kota Padang,tidak mau menyusahkan ummi dan abi dan biaya kuliahmu juga dari beasiswa yang putri dapat setiap semesternya.

Putri,hari ini adalah hari istimewa bagimu,hari paling bersejarah dalam hembusan nafasmu..kata putri inilah anugrah ketiga terindah setelah hidayah dan bergabung dalam jemaah dakwah.Tuan putri melaksankan sholat dhuha sebelum berangkat ke Mesjid Darul ulum dekat pesantren dinniyah putri..jaraknya memang cukup jauh menempuh 10 menit perjalanan tapi karena permintaan putri sendiri agar pernikahan dilangsngkan dimesjid.Carry sederhana milik pak haji Imran pun mengantarkan tuan putri bersama ummi dan abi tercinta juga beberapa teman kuliah di FK  haru bahagia…

 

Sekarang aku sendiri lagi dikamar ini,tapi aku dirias indah lho..aku menghias diri seindah mungkin berharap tuan putri dan pangerannya akan senang melihat penampilanku..kubuka-buka diary sang putri alangkah terkejutnya ketika kubaca sebuah tulisan ” ry..alhamdulillah akhirnya aku bisa juga menghafal Al Qur’an 30 juz,ya Allah berikalah kelak mahkota penghargaan kepada ummi dan abi atas perjuanganku menghafal ayat-ayatmu amin”

Masha Allah ternyata sang putri sudah jadi hafidzah…pantas saja dia beda dari akhwat yang lain,ditangannya selalu ada quran kecil .

 

2 jam sudah penantianku..kenapa tuan putri dan ummi juga abi belum kembali,apakah prosesi pernikahan begitu lama..aku sudah tidak sabar melihatmu tuan putri zainab syahidah binti saiffillah putri kesayangannya ummi aisha bersanding bahagia dengan pangerannya….

Ya Allah..ada apa gerangan,tiba-tiba ruanganku mendadak harum sekali bau bunga yasmin…kucari-cari asal baunya tapi gak ketemu,makin lama makin harum ..sayup sayup kudengar suara sirine ambulan,hah..ada apa bukankah tuan putri lagi menikah di mesjid seberang.Tak lama kemudian sebuah mobil ambulan berhenti di depan rumah sederhana…aku terkejut ketika beberapa wanita segera mengangkat tubuhku dan meletakkannya di ruang tengah..eh..eh..ada apa tuan putriku membutuhkaku..eeehh..tapi semua cuek seolah tidak mempedulikanku…

 

Aku terkejut bukan main,saat tubuhku dibaringkan di ruang tamu ternyata tuan putri disuruh berbaring di atasku,dia diangkat pelan di sertai tangisan pilu,..seluruh ruangan tiba-tiba harum…tuan putri ..tuan putri..jangan tinggalkan akuuuuu,airmataku tak tertahan saat sadar apa yang terjadi..tuan putri mengalami kecelakaan saat sebuah Bus ALS melaju kencang dan menghantam mobil carry yang membawa tuan putri ke masjid darul ulum…terasa mimpi…tuan putriiiiiiiiiiii.

Kulihat sosok pemuda berdiri membisu saat di persilahkan melihat calon pengantin wanitanya…tangisanku semakin menjadi….

 

 

Pemuda itu bergumam lirih..airmatanya mengalir deras : duhai…alangkah beruntungnya pemuda yang dijanjikan Allah untukmu di syurga wahai akhwatfillah…mungkin aku tidak pantas mendampingimu,mungkin aku mesti banyak lagi belajar tentang arti sebuah kesungguhan di jalan dakwah ini..selamat jalan ukhti…aku yakin Allah telah mempersiapkan yang terbaik untukmu disana..pemuda itupun berlalu dengan isakan tertahan

 

Tubuhku semakin lemas..putri tak bergeming tetap diam seakan tak mau berpisah denganku..tuan putriiiiiiiiiiiiiiiiii……. 

Lima hari sudah berlalu sejak kepergian putri zainab syahidah..kini aku sendiri dalam sunyi berkepanjangan..hanya sesekali kulihat ummi membersihkan kamar putri dan melaksanakan sholat dhuha seperti kebiasaan putri sebelumnya… Ya Allah terimalah tuan putriku disisimu jadikanlah aku menjadi saksi akan amal-amalnya di akhirat nanti amin.

 

 

Akupun tenggelam dalam doa,duhai tuan Putri zainab syahidah…kebersamaan denganmutakkan pernah kulupa.

Salam cintaku karena Allah

  

  KASUR 

Buat sebuah nama kesayangan yang selalu hadir dalam doa-doaku…semoga Engkau hadir atas ridho Allah duhai putri impianku.

 

7 Responses to “Tuan putri”

  1. agus setiyadi Says:

    teteh tu kurang berani….explore lagi deh…tinggalkan zona nyaman….biar ga terlalu linier tulisan nya…harus mengandung harapan…unsur sebab akibat…keseimbangan…biar lebih warna warni…halah so tau nya keluar lagi he he he
    tulisan ini lebih seperti kerangka sebuah novel daripada sebuah cerpen….

    Akhwatfillah :
    Jazakallah atas masukannya…semua cerita2 di blog ini masih jauh dari sebutan cerpen atau kerangka novel…ia hanyalah tulisan spontan yang hadir seketika ide-idenya seketika itu tertulis dei tempat dan sembarang waktu…teteh malu tapi jujur teteh sangat awam dengan kepenulisan..semua hanya berangkat dari kesukaan menulis …

  2. ukhti nurul Says:

    Assalamu’alaikum ukh..Subhanallah tulisan anti sgt menginspirasi..boleh ana kopas utk di buat note lalu di tag ke bbrp tmn??Jazakillah Khairan Katsir..salam ukhuwah..

    afwan,boleh ana add facebook/ym anti? di jawab di email ana saja ukh klo sempat..syukran🙂

  3. ukhti nurul Says:

    Assalamu’alaikum ukh..ini email ana yg benar,yg td salah afwan..

  4. nila Says:

    subhanallah ..
    kisahnya bener2 menggugah .. ^_^

  5. erma Says:

    subhanallah kakak….
    tak tahan ana menahan air mata ketika membaca tulisan ini….
    begitu indahnya….

    betapa kita memiliki rencana dan harapan….
    namun…. rencana Allah itu sangat dan lebih indah…

    untuk ka fauziyah…., semoga allah berikan mujahid dan mujahidah yang kelak akan menegakkan kalimat Allah… Aamiin..

    demikian juga untuk ikhwan akhwat yang merindukannya…termasuk diri ana pribadi..
    ^-^🙂

  6. abu nawwaf Says:

    ‘afwan, tulisan yang Bagus, tapi an coba beri sedikit kritik…

    1. Alangkah indah jika dalam tulisan tersebut mengisagkan perjuangan dakwah…Dakwah untuk Ad-Dien Al Islam, bukan untuk Islam dan partai yang Islam…

    2. Taukah antum semua, all, kabeh, mengenai hukum memajang foto???palagi ini dunia maya…apakah Murobbi antum tidak mengajarkan ini???tau mungkin ni foto administrator yang majang fotonya malah murobbbi???malah pake cadar…
    Ya Allah, jagalah mutiara antum, bukankah aurat itu mutiara yang harusnya dirahasiakan???

  7. abu nawwaf Says:

    maksud saya, kalo pake cadar, kudunya tau hukum penokohan diri itu gimana hukumnya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s